Home Kolom Dosen Pemkot Kediri Belum Berorientasi Kerakyatan

Pemkot Kediri Belum Berorientasi Kerakyatan

10
1
SHARE

ANDIKA FM, Kediri – Suko Susilo, Pengamat Politik dan Sosial yang juga dosen Fisip Universitas Airlangga Surabaya menilai, pemerintah Kota Kediri termasuk pemerintahan yang belum berorientasi pada kepentingan rakyat.

Penilaian itu disampaikan Suko Susilo di sela acara seminar peningkatan demokrasi yang digelar KPUD Kota Kediri di ruang Joyoboyo kantor Pemkot Kediri. Kata Suko Susilo, mayoritas pejabat politik di Indonesia masih mempunyai pandangan bahwa jabatan dalam birokrasi merupakan akses ekonomi dan bisnis menuju kesejahteraan individu dan kelompok.

Bukannya pemahaman bahwa kekuasaan merupakan panggilan pengabdian yang dilandasi semangat untuk mensejahterakan masyarakat secara umum. Suko Susilo memandang bahwa orientasi kerakyatan belum ada dalam pemerintahaan Kota kediri. ” Kerisauan tentang kesalahan orientasi kepala daerah tidak menutup kemungkinan ditemukan di Kota Kediri,” lanjut Suko.

Indikator kesalahan orientasi kepala daerah adalah pengambilan kebijakan yang tidak pro rakyat dan hanya menguntungkan satu pihak. Meski begitu, Suko Susilo masih memaklumi mengingat Walikota Samsul Ashar masih 1 tahun menjabat sehingga relatif disibukkan untuk melakukan pemetaan problem yang terjadi di Kota Kediri. (Hadi Kusuma)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here