Home Seminar & Workshop Seminar Nasional: Politik Pendidikan Islam

Seminar Nasional: Politik Pendidikan Islam

43
0
SHARE

Program Pascasarjana Institut Agama Islam Tribakti, Ahad 15 Mei 2016 menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema Politik Pendidikan Islam. Seminar kali ini menghadirkan  narasumber yaitu Prof. Dr. H. Masykuri Bakri, M. Si dari Universitas Islam Malang (UNISMA) dan Prof. Dr. H. Nur Ahid, M. Ag dari STAIN Kediri juga alumni IAI-Tribakti.

Seminar diawali acara seremoni pembukaan pada jam 09.30 dan dilanjutkan pada acara inti dihadiri kurang lebih 100 mahasiswa dari program pascasarjana IAI-Tribakti.  Seminar Nasional ini diselenggarakan dengan maksud meningkatkan keilmuwan mahasiswa khususnya program pascasarjana, terutama terkait persoalan pendidikan, apalagi sebagian besar mahasiswa sudah berprofesi sebagai guru. Ujar Dr. Badrus selaku panitia Penyelenggara.

Secara garis besar Prof. DR. H. Masykuri Bakri, M. Si Rektor UNISMA Malang juga Ketua Asosiasi Program Pascasarjana Islam Indonesia (APAISI) menyatakan kebijakan pendidikan di Indonesia saat ini memberikan dampak positif dan negatif. Kebijakan yang berdampak positif antara lain masyarakat mempunyai otoritas untuk menyelenggarakan pendidikan, dan mengolahnya secara mandiri, sehingga tercipta akulturasi budaya masyarakat dengan Islam. Sedangkan dampak negatifnya adalah  beban masyarakat semakin berat untuk mengembangkan pendidikan Islam, kurangnya perhatian yang memadai terhadap mutu pendidikan Islam, dan rawannya masyarakat muslim akan gangguan dari luar. Sedangkan Prof. Dr. H. Nur Ahid, M. Ag  lebih banyak menjelaskan rencana startegis kementerian Agama tahun 2015-2019,  mulai peningkatan Akses Pendidikan madrasah, peningkatanakses dan mutu pendidikan diniyah dan pondok pesantren, dan layanan bagi anak jalanan, dan anak kelompok marjinal. (Red. Panpas)