Home Seminar & Workshop Workshop Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah Dosen

Workshop Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah Dosen

8
0
SHARE

Dosen Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Lirboyo Kediri mengikuti acara workshop penelitian dan penulisan karya ilmiah yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) IAIT Kediri pada hari Sabtu 28 Mei 2016.

Acara berlangsung mulai pukul 09.00 s/d 15.00 Wib diruang Pascasarjana. Kegiatan ini diadakan dengan maksud mengingatkan kembali kewajiban dosen  untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi terutama dalam bidang penelitian. Unsur penelitian ini sering menjadi hambatan tersendiri bagi dosen dalam banyak hal misalnya pengajuan kepangkatan baru, kenaikan pangkat, pengajuan sertifikasi dan laporan beban kerja dosen sebagaimana disampaikan oleh Turmudzi selaku Kepala P3M saat membuka acara.

Dorongan dan langkah kongkrit yang dilakukan oleh IAIT untuk menggerakkan kembali semangat dosen dalam melakukan penelitian dengan memberikan alokasi anggaran dana yang jelas dalam bidang penelitian juga melalui pelatihan, seminar dosen seperti penguasaan konsep metodologi penelitian dan teori yang salah satunya melalui workshop seperti ini.

Kegiatan diawali pemaparan materi yang disampaikan oleh A. Jauhar Fuad, beliau berbicara banyak tentang kebijakan penelitian, pengabdian dan publikasi ilmiah yang ada di IAIT juga memberikan dorongan kepada dosen untuk memanfaatkan penelitian dan pengabdian masyarakat melalui dana hibah kompetitif dari luar IAIT seperti yang ada di Diktis, Litbang Kemenag, LIPI, LPDP, Toyota dan lain-lain. Acara dilanjutkan dengan dialog, diskusi serta membuat rekomendasi bersama. Setelah ISHOMA dilanjutkan dengan praktek membuat kutipan dan bibliografi secara cepat dalam penulisan laporan penelitian dan jurnal dengan memanfaatkan software zotero yang disampaikan oleh Arif Khoiruddin.

Pemaparan materi terakhir rencananya disampaikan oleh Dr. Hamam karena keterbatasan waktu, materi tersebut diagendakan pada pertemuan-pertemuan lanjutan. Harapan besar dari para peserta, kegiatan seperti ini bisa berkelanjutan dan tidak terbatas pada bidang penelitian saja tetapi dalam bidang pengajaran melalui pelatihan, seminar, workshop atau yang lain dengan tujuan meningkatkan kinerja dan mutu dosen di lingkungan Institut Agama Islam Tribakti Kediri. (P3M).