Home Berita IAI Tribakti Mendeklarasikan Sebagai Basis Anti Kejahatan, Terorisme, Narkoba, Separatisme dan Ideologi...

IAI Tribakti Mendeklarasikan Sebagai Basis Anti Kejahatan, Terorisme, Narkoba, Separatisme dan Ideologi Anti Pancasila

32
0
SHARE

Tribratanews Polres Kediri Kota – Sat Binmas Polres Kediri bersama dengan Sat Intelkam melaksanakan kegiatan program Kapolri membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas di kampus Institut Agama Islam  Tribakti (IAIT) Lirboyo Kediri, Rabu (5/10). Kegiatan dikemas dalam bentuk deklarasi membangun kampus sebagai basis anti kejahatan, terorisme, narkoba, separatisme dan ideologi anti Pancasila.

Dalam sambutannya Kapolres Kediri kota yang diwakili oleh Kasat Binmas AKP Kus Sumardi, S.H menyampaikan program kerjasama dengan perguruan tinggi dimaksudkan sebagai tindak lanjut program pimpinan Polri untuk membangun partisipasi masyarakat lingkungan kampus atau mahasiswa pelopor anti kejahatan Terorisme, Narkoba, Separatisme dan Ideologi anti Pancasila.

“Mengingat kejahatan tersebut memiliki dampak yang sangat luas bahkan dapat menghancurkan sendi-sendi kehidupan bangsa khususnya merusak generasi muda sebagai penerus estafet tongkat perjuangan bangsa. Bahkan pada tahun 2015 tercatat sekitar 5,8 juta masyarakat Indonesia telah menjadi korban penyalahgunaan narkoba. Hal ini jika tidak dilakukan penanganan  sejak dini, dipastikan akan terus bertambah korban penyalahgunaan Narkoba. Salah satunya kampus harus menjadi benteng anti penyalahgunaan narkoba,” kata AKP Kus Sumardi, SH pada www.polreskedirikota.com

Masih menurut AKP Kus Sumardi Kondisi bangsa Indonesia juga diperparah dengan munculnya berbagai kelompok yang ingin melepaskan diri dari negara kesatuan Republik Indonesia. Baik yang dilakukan dengan alasan agama maupun dengan alasan ekonomi atau sumber daya alam.

“Bahkan motif terorisme senantiasa dikaitkan dengan jihad menurut konsep agama. Sejarah mencatat   di negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila, sudah mengalami berbagai ujian  separatisme  yang ingin mendirikan negara, misalnya DI/TII, NII, PKI & pemberontakan lainnya,”ungkapnya.

Bahkan akhir-akhir ini negara Indonesia diguncang dengan adanya berbagai teror yang mengatasnamakan agama ataupun kelompok tertentu. Menurut AKP Kus Sumardi  yang lebih mengerikan lagi tidak sedikit mahasiswa yang diperalat dan direkrut menjadi kelompok teroris.

“Sehingga sudah tepat jika kampus ditetapkan sebagai basis anti kejahatan terorisme, narkoba, separatisme dan ideologi anti Pancasila. Kampus Tribakti ini adalah yang kali pertama diantara kampus-kampus di Kediri yang mendeklarasikan,” tandasnya.

Rektor IAI Tribakti Lirboyo Kediri, KH Abdullah Kafabihi Mahrus  dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polres Kediri Kota yang memprakarsai kegiatan kampus sebagai basis anti kejahatan terorisme narkoba separatisme dan ideologi anti Pancasila.

“Diharapkan para mahasiswa mengerti dan memahami serta dapat melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari,” pesan KH Kafabihi Mahrus dihadapan kurang lebih 170 mahasiswa IAI Tribakti.

Lebih lanjut dalam sambutannya Rektor IAIT mengulas sejarah perjuangan para pahlawan Islam mulai sebelum adanya Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu ketika jaman kerajaan, dimana agama Hindu dan Islam dapat hidup berdampingan dengan damai.

“Bahkan ketika jaman pergerakan nasional para tokoh Islam telah merancang perumusan Undang-Undang Dasar 1945 serta dasar negara /ideologi Pancasila. Di antaranya tokoh Islam yang turut menyusun konsep Pancasila dan undang-undang dasar negara Republik Indonesia adalah Kyai Hasyim Ashari, persamaan tokoh Islam lainnya.

“Hal ini didasarkan kepada kebhinekaan Tunggal Ika bangsa Indonesia, Namun demikian konsep ideologi Pancasila tidak terlepas dari ajaran agama Islam,” tambahnya. Rektor juga berpesan kepada mahasiswa sebagai penerus pembangunan bangsa agar tidak terjebak penyalahgunaan narkoba. Mengingat penyalahgunaan dan peredaran narkoba saat ini telah merajalela bahkan menimpa berbagai oknum mulai dari pejabat negara, legislatif, polisi, TNI, artis, sampai dengan masyarakat  lapisan terbawah.

Setelah sambutan Rektor dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi oleh perwakilan Mahasiswa IAI Tribakti Lirboyo Kediri. Dan di sesi akhir diisi dengan  pendalaman materi  oleh Kasat Binmas Polres Kediri kota AKP Kus Sumardi  dan KBO Intelkam Ipda Didik. (res)