Home Berita IAI-Tribakti Gelar Prosesi Yudisium dan Orasi Ilmiah di Aula Muktamar Lirboyo

IAI-Tribakti Gelar Prosesi Yudisium dan Orasi Ilmiah di Aula Muktamar Lirboyo

11
0
SHARE

Yudisium dan Orasi Ilmiah digelar IAI-Tribakti pada hari Ahad, 16 Oktober 2016 di Aula Muktamar Lirboyo Kediri. Acara ini bagian dari rangkaian Dies Natalis ke-50 atau di Institut Agama Islam Tribakti lebih popular dengan nama Dies Maulidiyah yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2016. Acara dihadiri Ketua dan pengurus Yayasan Pendidikan Islam Tribakti (YPIT) KH. Anwar Manshur serta para pejabat ditingkat Rektorat dan Dekanat.

Acara yudisum sendiri merupakan prosesi penghargaan bagi mahasiswa yang berhasil menyelesaikan studinya serta berhak menyandang gelar akademik. Mahasiswa yang berhak mengikuti yudisium manakalah telah dinyatakan lulus dan memenuhi persyaratan baik akademik maupun administratif dan setelah itu nanti akan di wisuda.

Rangkaian yudisium diawali dengan bacaan Tahlil bersama dilanjutkan pembacaan SK Yudisium oleh oleh Dekan Fakultas dan Direktur Pascasarjana di IAI-Tribakti Kediri. Peserta yudisium Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) sebanyak 189 mahasiswa, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI) sebanyak 290. Fakultas Syari’ah Program studi Ahwal Al-Syakhsiyyah (AS) sebanyak 21 mahasiswa serta Prodi Perbankan Syari’ah (PS) sebanyak 15 mahasiswa. Fakutas Dakwah Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) sebanyak 9 mahasiswa dan Psikologi Islam sebanyak 11 mahasiswa. Sedangkan Program Pascasarjana S2 Konsentrasi Pendidikan Agama Islam diikuti sebanyak 102 Mahasiswa.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan Rektor oleh KH. Abdulloh Kafabihi Mahrus, beliau memberi ucapan selamat kepada para mahasiswa telah menyelesaikan studinya di Institut Agama Islam Tribakti. Rektor berharap kepada para peserta yudisium setelah menyelesaikan studinya di Tribakti mampu berkiprah dan bermanfaat ditengah-tengah masyarakat sesuai dengan bidang keilmuan yang dimilikinya serta senantiasa taat kepada Allah, taat kepada Rasul-Nya serta ulil Amri (Ulama/ Umaro) sesuai nama Tribakti yang diambil dari ayat Al-Qur’an surah An-nisa ayat 59:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ
Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul-Nya, dan ulil amri di antara kamu

Setelah sambutan Rektor acara dilanjutkan dengan orasi ilmiah yang disampaikan oleh Dr. KH. Abdul Ghofur Maimoen putra dari KH. Maemun Zubaer (Pengasuh PP. Al Anwar, Rembang Jawa Tengah) lulusan S1, S2 dan S3 Universitas Al-Azhar konsentrasi tafsir. Dalam orasi ilmiah beliau mengusung tema “Mengaca Kepada Sejarah: Upaya Membangun Pendidikan Tinggi Berbasis Ilmu dan Tradisi Pesantren”. (Pan.wis)

Download Materi Orasi Ilmiah