Home Berita Pelantikan Pimpinan dan Direktur Program Pascasarjana IAI Tribakti Lirboyo Kediri Masa Khidmat...

Pelantikan Pimpinan dan Direktur Program Pascasarjana IAI Tribakti Lirboyo Kediri Masa Khidmat 2021-2024

207
0
SHARE

KEDIRI – Rabu, 25 Nopember 2020, jajaran Pimpinan Baru Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Lirboyo Kediri dilantik. Dalam acara tersebut turut hadir Ketua Yayasan KH. Anwar Manshur, Ketua Senat Institut Agama Islam Tribakti KH. Abdullah Kafabi Mahrus dan Pengurus Yayasan di antaranya adalah KH. Hasan Syukri Zamzami Mahrus, H. Imam Muhayat Syah, KH. Ibrahim al-Hafidz, Prof. Dr. H. Nur Ahid, M.Pd. serta dosen tetap yang ada di IAI Tribakti. Pimpinan yang dilantik yaitu, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Direktur Pascasarjana serta Dekan ditetapkan berdasarkan musyawarah mufakat melalui rapat pengurus Yayasan.

Acara pelantikan tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an lalu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipandu oleh Ibu Latifatul Fajriyah, M.Pd.I. dan dilanjutkan dengan pembacaan SK Yayasan Pendidikan Islam Tribakti oleh sekretaris YPIT KH. Abdul Barr, S.H. dan pembacaan sumpah dibimbing oleh KH. Athoillah Sholahuddin Anwar.

Rektor Institut Agama Islam Tribakti Lirboyo Kediri yang baru dilantik beberapa hari sebelum acara ini, Dr. KH. Reza Ahmad Zahid, M.A. dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini Institut Agam Islam Tribakti Lirboyo Kediri sedang berjuang untuk mengembangkan, untuk memajukan menjadi kembali pada nama asalnya, dulu ketika Tribakti didirikan oleh Hadrotus Syeikh Mbah Kyai Mahrus Ali memiliki nama Universitas Islam Tribakti, saat ini masih bernama Institut Agama Islam Tribakti, maka kami berserta segenap jajaran pimpinan akan berjuang bagaimana ini bisa kembali kepada nama asalnya yaitu Universitas Islam Tribakti, alhamdulillah seluruh perencanaan, usaha, potensi dan prosedur sudah kami upayakan, sehingga kami memohon doa kepada seluruh sivitas akademika Institut Agama Islam Tribakti semoga cita dan harapan luhur ini diberkahi Allah Ta’ala.

Dengan prosesi acara pelantikan tersebut Program Pascasarjana kemudian secara resmi juga mengalami perubahan pengelola dari Direktur lama Dr. Suko Susilo, M.Si. kepada Direktur baru Dr. Abbas Sofwan Matla’il Fajar, S.H.I., LL.M., dilanjutkan dengan para Kepala Program Studi, dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) lama Dr. Badrus, M.Pd. kepada Kaprodi baru Dr. Tri Prasetyo Utomo, M.Pd. dan dari Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) lama Dr. Moh. Turmudzi Abror, M.Pd. kepada Kaprodi baru Dr. Marita Lailia Rahman, M.Pd.

Sebagaiman perguruan tinggi lain, pergantian pimpinan dan direktur program pascarajana adalah agenda rutin sesuai masa Khidmah. Tema acara pelantikan kali ini adalah “Tribakti Dari Pesantren Untuk Bangsa”. Karena sejak berdirinya Institut Agama Islam Tribakti Lirboyo Kediri dan dilanjutkan pendirian Program Pascasarjana. Gagasan pendirian Program Pascasarjana diharapkan dapat menjadi sarana percepatan penyediaan sumberdaya manusia yang paripurna terkait dengan kiblat keilmuan Islam. Dengan demikian, kelak IAI Tribakti dapat menjadi penyumbang yang berarti bagi pemenuhan kebutuh sumberdaya pembangunan yang mengusai berbadai teori dalam keilmuan Islam serta memiliki ketrampilan analisis terhadap berbagai fenomena untuk kemajuan bangsa. Pendirian Program Pascasarjana IAI Tribakti ini juga didasarkan kepada realitas bahwa telah banyak lulusan sarjana strata satu tentang ilmu ke-Islaman di Kediri dan sekitarnya, sementara belum banyak pilihan kampus yang memiliki program pascasarjana.