Home Berita Pascasarjana IAI Tribakti MoU dengan Kemenag Kabupaten Kediri: Intensifikasi Stakeholder dalam Mencapai...

Pascasarjana IAI Tribakti MoU dengan Kemenag Kabupaten Kediri: Intensifikasi Stakeholder dalam Mencapai Misi Program Studi

103
0
SHARE

KEDIRI – Seiring meningkatnya minat masyarakat untuk mempercayakan pendidikan putra-putinya di madrasah, maka muncullah tantangan model peningkatan minat masyarakat terhadap madrasah melalui berbagai upaya sebagaimana berikut:
1. Pembentukan Citra Positif Madrasah,
2. Peningkatan Prestasi Akademik dan Nonakademik,
3. Unggulan yang Berorientasi Kebutuhan Masyarakat,
4. Intensifikasi dan Ektensifikasi Publikasi Madrasah,
5. Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan, serta
6. Penampilan (Packaging) Madrasah yang Menarik.

Program Pascasarjana Institut Agama Islam Tribakti Lirboyo Kediri, baik Prodi Pendidikan Agama Islam maupun Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) menampung hal tersebut sebagai starting point dalam memetakan SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan merencanakan pelayanan yang terpusat pada kebutuhan masyarakat, peningkatan kualifikasi dan kompetensi pendidik, dan praktisi pendidikan yang peka terhadap perkembangan zaman. Maka pada 13 Juni 2022, Program Pascasarjana IAI Tribakti Kediri melakukan kerjasama/Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kediri, yang mana dengan MoU tersebut diharapkan para pemangku kebijakan pendidikan madrasah dapat lebih memiliki wawasan keilmuan dengan bergabung di Program Pascasarjana Institut Agama Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Dr. Zuhri, S.Ag., M.Si. mengatakan, “Dalam forum-forum acara pembinaan Madrasah yang melibatkan Kementerian Agama, saya selalu menekankan kepada para Pengawas Madrasah maupun Kepala Madrasah di wilayah Kabupaten Kediri termasuk juga para guru-gurunya agar bisa melanjutkan untuk pengembangan akademik dan peningkatan kualifikasi ijazahnya demi meningkatkan kualitas dan wawasan keilmuannya. Nanti kita adakan seminar peningkatan kredit guru madrasah melalui kerjasama dengan Program Pascasarjana Institut Agama Islam Tribakti Lirboyo Kediri. Maka dengan adanya MoU ini potensi-potensi dan kesempatan untuk meraih jenjang legalitas akademik akan lebih mudah. Harapan saya Pascasarjana IAI Tribakti Kediri bisa kolaborasi dengan guru-guru sesuai kehendak stakeholder di madrasah tersebut, karena sama-sama ingin mengunggulkan kualitas pada Lembaga masing-masing. Dan kualitas tersebut dapat diraih di kampus ini. Ini di satu sisi. Di sisi lain tidak terbantahkan bahwa jarak tempuh yang dekat dalam menjalani perkuliahan bagi mahasiswa tentu akan membantu percepatan dalam menyelesaikan studi. Maka para Kepala Madrasah dan para guru tersebut selain tetap dapat melaksanakan tugasnya di madrasah juga tetap memiliki waktu untuk menyelesaikan kuliah.”