Home Berita PASCASARJANA IAIT – AKADEMIK TRIP KE UNSIQ

PASCASARJANA IAIT – AKADEMIK TRIP KE UNSIQ

53
0
SHARE
AKADEMIK TRIP MAHASISWA PASCASARJANA IAI TRIBAKTI
KE UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN (UNSIQ)

WONOSOBO – Sekitar 50 Mahasiswa dan Dosen Pembimbing Pascasarjana Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Lirboyo Kediri yang terdiri dari program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) melaksanakan kunjungan ke Universitas Sains al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo, Jawa Tengah, pada hari Selasa tanggal 04 Oktober 2022. Tujuan Kunjungan ke UNSIQ, agar mahasiswa memahami sistem pembelajaran yang diterapkan, dengan menerapkan Integrasi al-Qur’an dan Sains dalam setiap Prodi yang ada di UNSIQ.

Univeristas Sains al-Qur’an (UNSIQ) merupakan Universitas yang berada di Wonosobo Jawa Tengah, didirikan atas prakarsa al-Maghfulah KH. Muntaha al-Hafidz (Pengasuh Pondok Pesantren al-Asy’ariyyah Kalibeber Wonosobo), dalam rangka menyiapkan pesantren luhur al-Qur’an. Dengan menerapkan sistem pendidikan yang Memadukan Mutiara Luhur Keunggulan Pesantren dan Universitas Modern. Sehingga selain mahasiswa mengajarkan ilmu terapan modern juga dibekali dengan ilmu keislaman yang berasal dari pesantren.

Saat berada di UNSIQ, mahasiswa menghadiri seminar dengan tema “Integrasi al-Qur’an dan Sains dalam Pembelajaran” dengan narasumber Direktur Program Pascasarjana UNSIQ Wonosobo Dr. KH. Ahsin Wijaya al-Hafidz, M.Ag. Dalam seminar tersebut Dr. KH. Ahsin Wijaya al-Hafidz, menjelaskan penerapan pembelajaran mahasiswa UNSIQ, dengan memadukan al-Qur’an dan Sains, seperti hujan dalam sains hujan merupakan bentuk presipitasi atau endapan uap air di atmosfer yang berkondensasi dalam awan dan berubah menjadi butiran air yang jatuh ke bumi. Dalam al-Qur’an Allah SWT berfirman, “Dialah yang mengirimkan angin sebagai pembawa gembira, mendahului kedatangan rahmatnya (hujan)” (Qs. Al-A’raf: 57). Jadi munculnya hujan dari hembusan angin ke awan dan mengendap menjadi uap air atau butiran air. Contoh segersang-gersang negara Arab pasti akan turun hujan dan sama hal di Wonosobo walaupun tidak hujan akan tetap sejuk.

Dan Wakil Direktur Pasca UNSIQ Wonosobo Dr. Luthfan Muntaqa, SH, M.SI., menambahkan mahasiswa UNSIQ wajib menghafalkan al-Qur’an dan sebagai syarat untuk menyelesaikan mata kuliah al-Qur’an. Dalam penerapannya mahasiswa menghafalkan al-Qur’an dengan dosen yang mengampuh mata kuliah tersebut hingga selesai, karena mata kuliah tersebut mempengaruhi untuk seminar proposal tugas akhir mahasiswa.

Kaprodi PAI Strata 2 UNSIQ Wonosobo Dr. Rifqi Muntaqa, M.SI., juga menambahkan untuk mahasiswa yang hafalannya sampai 30 Juz, menjadi mahasiswa yang berprestasi dan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Mahasiswa merasa bangga dengan apa yang dicapai dengan menempuh pendidikan di UNSIQ Wonosobo, karena selain mempelajari ilmu sains mereka juga memperdalam ilmu al-Quran, serta mengamalkan al-Qur’an dengan menghafalkan.

Kontributor: Ahmad Muzakkih, M.Pd.