Home Kolom Dosen Pondasi Dasar Menjadi Mastering Public Speaking

Pondasi Dasar Menjadi Mastering Public Speaking

84
0
SHARE

Pondasi Dasar Menjadi Mastering Public Speaking

Sobat. Seringkali saya diminta menjadi coach dalam mastering public speaking, dalam tulisan kali saya akan membahas pondasi dasar untuk menjadi mastering public speaking. Untuk memperoleh kepercayaan diri, keberanian, serta kemampuan berfikir dengan tenang dan jelas ketika berbicara kepada sekelompok orang tidaklah sesulit yang sering dibayangkan kebanyakan orang. Siapa pun bisa mengembangkan potensinya yang tersembunyi jika ada keinginan yang cukup untuk melakukannya.

Sobat. Ada 4 hal dasar yang harus anda pelajari untuk bisa menjadi mastering public speaking dan merasakan manfaat dari pelatihan ini :

1. Mulailah dengan hasrat yang kuat dan gigih. Jika hasrat anda lemah, pencapaian Anda juga akan selemah itu. Namun, jika anda gigih dan memiliki hasrat yang menyala-nyala, maka tidak ada yang mengalahkan Anda di alam semesta ini. Oleh karenanya bangkitkan semangat Anda untuk mempelajari pelatihan ini. Hitunglah manfaatnya. Pikirkan apa artinya ini bagi Anda terkait meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan untuk berbicara lebih meyakinkan dan kredibel. Pikirkan apa artinya dari sisi spiritual, dakwah, social dan finansial. Pelatihan ini akan membuat Anda lebih cepat memperoleh kepemimpinan dan meningkatkan pengaruh pribadi anda. Intinya sobat. Buatlah semudah mungkin untuk terus maju dan berkembang, dan buatlah sesulit mungkin untuk mundur.

2. Ketahuilah sepenuhnya apa yang akan anda katakan. Anda tidak akan bisa merasa nyaman ketika berhadapan dengan para pendengar Anda jika belum memikirkan isi pembicaraan serta tahu apa yang akan dikatakan. Ibaratnya anda seperti orang buta yang membimbing orang buta. Dalam keadaan seperti itu, anda harus sadar diri, harus merasa penuh penyesalan, dan harus malu karena ketidaktahuan Anda. Ada nasehat penting dalam hal ini, “ Jangan berbicara sampai kamu yakin punya sesuatu untuk dikatakan, dan ketahuilah itu saja,lalu katakan, dan duduk.”

3. Bertindaklah dengan penuh percaya diri. Jadi beranilah bertindak seolah-olah kita pemberani, gunakan seluruh kehendak kita pada tujuan itu, dan rasa berani itu akan sangat mungkin menggantikan rasa takut. Pertahanan terbaik adalah menyerang. Jadi seranglah ketakutan Anda. Temui rasa takut itu, perangi mereka dan taklukkan mereka dengan keberanian besar di setiap kesempatan yang ada.

4. Latihan! Latihan! Latihan! Apa yang diperlukan seorang pembicara bukanlah hanya keberanian, melainkan kendali saraf, dan kepala dingin. Ini hanya bisa dicapai dengan dengan praktek nyata. Hanya dengan kebiasaan dan latihan penguasaan diri berulang-ulang , barulah saraf bisa dikendalikan sepenuhnya. Sebagian besar permasalahannya adalah tentang kebiasaan; dengan usaha dan latihan kehendaka yang berulang-ulang seorang pembicara akan tumbuh semakin kuat.

Sobat. Saya tutup artikel saya dengan pesan yang dikemukakan oleh James Robinson dalam bukunya The Mind in the making, “ Ketakutan adalah bagian dari kebodohan dan ketidakpastian.” Atau dengan kata lain bahwa kebodohan adalah hasil dari kurangnya rasa percaya diri.
Yuk ikuti dan bergabunglah dengan komunitas SAE yang memberdayakan potensi diri Anda. Kontak Irham 0897-1780-037
Salam Dahsyat dan Luar Biasa!

( DR, Nasrul Syarif M.Si. Spiritual Motivator, Penulis buku-buku best Motivation penerbit Erlangga Jakarta.Dosen Pascasarjana IAI Tribakti Lirboyo. Wakil Ketua Komnas Pendidikan Nasional Jawa Timur )