Home Berita Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana Tribakti Kediri Terpilih sebagai Presenter dalam Forum AICIS...

Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana Tribakti Kediri Terpilih sebagai Presenter dalam Forum AICIS Bali 2022

545
0
SHARE
HM. Adib Abdushomad, M.Ag., M.Ed., Ph.D. | Head Sub-Directorate of Academic Development

BALI – Institut Agama Islam Tribakti Lirboyo Kediri semakin menunjukkan eksistensinya di kancah internasional. Terbukti, dosen dan mahasiswa kampus di bawah naungan Pesantren Lirboyo ini terpilih sebagai presenter dalam ajang bergengsi Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) yang digelar di Bali mulai tanggal 1-4 Nopember 2022. Adalah Dr. Abbas Sofwan MF, S.H.I., LL.M. (Dosen/Direktur Pascasarjana IAI Tribakti) dan Robbah Munjiddin Ahmada, S.Sos. (Mahasiswa Pascasarjana) yang berhasil mengikuti rangkaian seleksi hingga terpilih untuk mempresentasikan karyanya dalam gelaran AICIS.

Dr. Abbas mempresentasikan naskah dengan judul “The Islamic Jurisprudence of Ecology on the Ethic of Enviromental Utilization: A Case Study of Gunung Kelud Community, East Java” pada panel “Green Islam and Social Resilience: Prospect and Challenges”. Sementara Robbah berkesempatan presentasi untuk karya “Initiating the Ethical Dimension of Digital Space Through the Social Capital Articulation” pada panel “Performing Islam in The Digital Age: Moral Discourse, Adaptation and Local Wisdom”.

Sebagaimana diketahui, AICIS merupakan ajang berkumpulnya para akademisi lintas kampus baik dalam maupun luar negeri. Mengusung tema “Future Religion in G20: Digital Transformation, Knowledge Management and Social Resilience” forum AICIS kali ini sangat spesial, sebab menjadi bagian dari agenda presidensi G20 yang menempatkan Republik Indonesia sebagai tuan rumah. Selain itu, AICIS juga diselenggarakan secara bersamaan dengan forum R20 (Religion20) yang menjadi ajang pertemuan dan dialog para pemimpin agama dunia.

Atas capaian menjadi presenter AICIS ini, Dr. Abbas (Direktur Pascasarjana) sangat berbahagia atas peran serta kampus IAI Tribakti Lirboyo yang terlibat dalam forum akademik internasional. Beliau menuturkan “AICIS ke-21 merupakan perhelatan akademik bergengsi tingkat internasional yang diinisasi oleh Kementerian Agama, dan tentunya forum ini menjadi bukti bahwa Perguran Tinggi Agama Islam swasta berbasis pesantren seperti IAI Tribakti Lirboyo juga mampu memainkan peranan penting. Di sisi lain, AICIS juga merupakan kesempatan emas untuk meningkatkan kualitas akademik para dosen dan mahasiswa, termasuk membangun jaringan, bertemu dan berteman dengan sesama akademisi baik dalam maupun luar negeri bahkan dengan agama lain. Forum AICIS menjadi forum penting untuk menampilkan kajian integrasi keilmuan sekaligus moderasi keberagamaan dan keberagaman”.

Keterlibatan Dosen dan Mahasiswa Tribakti semakin meneguhkan langkah kampus yang bersiap beralih bentuk dari Institut menjadi Unversitas dengan spirit “Integrasi Keilmuan Berbasis Pesantren”. Di sisi lain, terpilihnya dua presenter dalam forum AICIS juga menjadi kado indah bagi IAI Tribakti yang baru saja memperingati Harlah ke-56 pada Oktober lalu. Kedepan, semoga civitas akademika IAI Tribakti banyak terlibat pada forum-forum akademik dan diseminasi keilmuan baik tingkat nasional maupun internasional.