Home Berita RAKERNAS IX APAISI 2022 – MAKASSAR

RAKERNAS IX APAISI 2022 – MAKASSAR

88
0
SHARE

MAKASSAR – Rakernas IX Asosiasi Pascasarjana Agama Islam Swasta Indonesia (APAISI) kali ini dilaksanakan di Makassar pada tanggal 4-6 November 2022. Asosiasi ini sudah berperan di kancah dunia pendidikan lebih dari sepuluh tahun. Organsiasi ini membawa aspirasi dari pengelola program pascasarjana Islam swasta se-Indonesia. Konsorsium-konsorsium yang dilakukan oleh asosiasi pengelola pascasarjana Islam swasta Indonesia diharapkan akan menghadirkan berbagai terobosan-terobosan baru untuk membangun pengelola pascasarajana seluruh Indonesia. Selaras dengan tema yang dibangun pada Rakernas IX APAISI, yaitu penguatan kelembagaan Pendidikan tinggi Islam berbasis penjaminan mutu dan kampus merdeka era revolusi industry 4.0 dan society 5.0 pada abad 21. Rakernas APAISI IX ini dihadiri lebih dari dua puluh satu (21) pengelola pascasarjana Islam swasta se-Indonesia. Delegasi tersebut diwakili oleh pimpinan pascasarjana, yaitu direktur pascasarjana, wakil direktur, dan kaprodi se-Indonesia. Pimpinan pengelola pascasarjana memiliki peran strategis dalam menangkap berbagai dinamika yang sedang terjadi di lingkup program pascarjana. Berbagai masalah yang dihadapi oleh direktur, wakil direktur, dan kaprodi tidak hanya berkaitan dengan administrasi, tetapi masuk pada ranah pengembangan, perombakan, dan tranformasi program pascasrjana se-Indonesia. Dengan adanya berbagai isu tersebut, maka perlu untuk didiskusikan oleh pengelola pascasarjana se-Indonesia untuk menemukan benang merah dalam bentuk langkah aksi dan tindakan nyata untuk solusi.

Rakernas APAISI hadir untuk menjawab berbagai masalah yang sedang dan akan terjadi di masa depan. Penjaringan isu-isu terkini yang berkaitan dengan pengelolaan pascasarjana se-Indonesia perlu dilakukan. Terdapat berbagai isu atau masalah yang terus berkembang bagi pengelola pascasarjana. Masalah tersebut meliputi administrasi perubahan akreditasi yang berpusat pada LAMDIK (Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi), penguatan sistem manajemen atau pengelolaan lembaga Pendidikan Tinggi, penjaminan mutu, dan rombakan kurikulum pascasarjana yang harus terus dilakukan. Ini selaras dengan sambutan yang disampaikan oleh ketua APAISI, Prof. Dr. Masykuri Bakri, M.Si., kalau pascasarjana ingin maju dan berkembang harus berani melakukan perombakan kurikulum. Tidak hanya pegembangan tapi perombakan. Transformasi akademik akan menghasilkan mahasiswa yang unik, imaginatif, inspiratif, kreatif, inovatif, dan produktif. Kata kuncinya adalah menghasilkan produk yang unik dan memberi manfaat terhadap proses kehidupan manusia secara kaffah. Imbuhnya dari acara rakernas APAISI ini diharapkan dapat dijadikan media sharing silaturahmi, silatul fikri, dan silatul fi’li. Sinergi dari berbagai lembaga perguruan tinggi akan menghasilkan gesekan pemikiran. Gesekan pemikiran ini bermafaat untuk menunjang rombakan pemikiran yang dilaksanakan dalam transformasi kurikulum. Sering disinggung oleh ketua APAISI, kita harus berubah, dan perubahan itu adalah sebuah perombakan. Tegasnya, sengaja diksi yang dipilih perombakan bukan rekonstruksi. Ini akan memberi peluang terhadap kemajuan pascasarjana se-Indonesia. Jadi, rakernas APAISI perlu dilakukan untuk menguatkan manajemen pascasarjana, meliputi; mutu pendidikan, rombakan kurikulum, dan tujuan besar pascasarjana dalam secara global.

Kongres APAISI berlangsung selama tiga hari di kampus Universitas Islam Makasar (UIM). Universitas Islam Makasar sengaja dijadikan destinasi pilihan untuk penyelenggaraan kongres APAISI IX. Ini sesuai dengan hasil rakernas yang dilaksanakan di INSTIKA – Institut Ilmu Keislaman Annuqayah, Guluk-Guluk Sumenep pada tahun 2021. Kongres yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 4 November 2022 sampai 6 November 2022 berlangsung dengan khidmah. Hari pertama dimulai dengan pembukaan kongres APAISI IX oleh ketua Prof. Dr. Masykuri Bakri, M.Si., pembukaan tersebut sekaligus digunakan untuk jejaring masalah yang sedang terjadi di program pascasarjana Islam swasta se-Indonesia. Hari kedua, 5 November 2022 dilaksanakan seminar internasional. Tema yang diusung, pertama, penguatan mutu dan akreditasi Pendidikan Tinggi Agama Islam Swasta. Kedua, kebijakan-kebijakan penjaminan mutu dan sistem akreditasi bagi Pendidikan Tinggi Agama Islam Swasta, dan ketiga, penjaminan mutu perguruan tinggi keagamaan Islam dalam sistem akreditasi nasional dan internasional. Sedangkan hari ketiga, Ahad, 6 November 2022 digunakan untuk pentupan dan ramah tamah, diskusi ringan, dan kembali ke daerah masing-masing. Kongres APAISI IX di Makasar berjalan dengan penuh semangat. Berbagai isu terkait pengembangan program pascasarjana se-Indonesia dapat terwadahai melalui peran APAISI. Penguatan mutu manajemen kelembagaan Pendidikan Tinggi menjadi langkah awal dalam peningkatan mutu pendidikan. Mutu pendidikan diawali dengan keberanian pimpinan atau pengelola pascasarjana untuk berani melakukan lompatan-lompatan dalam kurikulumnya. Kecermatan dalam membaca peluang terhadap dinamika sosial yang sedang terjadi di masyarakat menjadi alternatif melakukan dasar transformasi pascasarjana yang lebih baik.

Makasar, 4 November 2022
Dr. Tri Prasetiyo Utomo, M.Pd.I.