Home Kolom Dosen Yang Pasti adalah Ketidakpastian

Yang Pasti adalah Ketidakpastian

58
0
SHARE

Yang Pasti adalah Ketidakpastian

Sobat. Perubahan adalah sebuah keniscayaan dan mesti kita lakukan. Pandemi Covid-19 membuat semua Negara seolah sama kondisinya. Pada titik start yang sama ini, kemudian tergantung pada siapa yang lebih cepat lagi untuk berlari. Dan kecepatan berlari sangat tergantung dari visi, strategi, dan eksekusi. Kita perlu fokus pada tiga kunci ini sobat.

Sobat. VISI memang sesuatu yang tidak nampak secara langsung…Namun…,Dalam diri manusia yang memiliki VISI…Akan terkandung ENERGI yang sangat dahsyat…!

Sobat. Pada artikel saya sebelumnya saya menyatakan bahwa Ada lima prinsip utama dalam kekuatan tujuan. Yang pertama adalah Impian diikuti oleh pemikiran, ditenagai oleh harapan, dibangkitkan oleh hasrat, dan akhirnya disadari oleh keyakinan. Satu faktor yang paling kuat dalam kesadaran akan kemakmuran adalah keyakinan. Dengannya, kau akan menemukan dirimu menjalani hidup dengan impian-impianmu.

Mengenai bagaimana strategi Anda membuat kekuatan keyakinan? Untuk keyakinan kepada Allah SWT :

1. Tuliskanlah sepuluh hal yang membuktikan bahwa Allah ada dan bahwa Dia adalah pencipta segala sesuatu. Bacalah daftar itu sesering mungkin.
2. Luangkanlah waktu untuk berjalan-jalan dengan santai dan sadarilah alam, sadari kekuatan Tuhan.
3. Berdoalah setiap hari dan sering. Bersyukurlah kepada Tuhan atas semua yang Dia berikan kepada Anda. Bangunlah kebiasaan untuk selalu bersyukur pada-Nya untuk makanan yang Anda makan, air yang Anda minum , dan udara yang Anda hirup.
4. Jadikanlah kebiasaan untuk bersyukur kepada Allah atas segala sesuatunya sebelum Anda meminta apa saja kepada-Nya. Lalu berdoalah pada-Nya, dan ketika Anda meminta, yakinlah seyakin-yakinnya bahwa dia akan menjawab doa Anda. Lanjutkan hidup-jalani hidup dengan keyakinan mutlak bahwa Tuhan bersama Anda.

Untuk keyakinan kepada diri sendiri :

1. Tulislah sepuluh hal yang bisa Anda lakukan dan sepuluh hal yang pada awalnya Anda tidak percaya dapat melakukannya, tetapi berhasil juga dilakukan. Bacalah daftar Anda secara lantang.
2. Di balik kartu nama Anda atau di secarik kertas, tulislah kalimat berikut ini, “ Aku memiliki keyakinan mutlak kepada diri sendiri dan kemampuanku untuk sukses. Aku bisa melakukan apa saja yang kuputuskan ingin kulakukan.”
3. Gunakan latihan gelas selama paling tidak 21 hari. Sebelum tidur, ambilah sebuah gelas da nisi setengahnya dengan air. Sesaplah sedikit, dan dalam setiap sesapan iringilah dengan bernafas dalam-dalam dan bacalah pesan yang Anda tulis di balik kartu nama Anda. Lanjutkan melakukan hal itu sampai Anda sudah meminum setengah dari air yang ada. Apa manfaatnya itu untuk anda? Anda sedang memberi makan otak Anda dengan makan faworitnya, air, oksigen, dan afirmasi positif sehingga otak akan memproses pesan Anda selagi Anda tidur.
4. Lakukan hal-hal secara berbeda dari yang biasa Anda lakukan. Gunakan tangan yang tidak biasa digunakan ambil rute jalan yang berbeda menuju atau dari tempat kerja.
5. Pikirkan tiga hal yang tertunda dilakukan dan sekarang mulailah melakukan sesuatu. Ingatlah bahwa kita bertumbuh dengan pencapaian, maka mulai dengan hal paling kecil yang anda tunda-tunda. Selesaikan ketiganya secara bergantian. Dengan cara ini Anda akan membangun lebih banyak keyakinan terhadap diri sendiri.

Untuk keyakinan kepada orang lain :

Mulai hari ini untuk membiarkan anak-anak Anda melakukan banyak hal sendiri. Anda akan terkejut betapa baiknya mereka melakukan sesuatu. Milikilah keayakinan terhadapa pasangan Anda dn sering-seringlah memujinya. Milikilah keyaknan bahwa tujuan bos Anda adalah yang terbaik untuk semua orang. Milikilah keyakinan bahwa rekan sekerja Anda sedang membantu anda untuk tumbuh. Orang-orang ingin merasa dipercaya dan bisa diandalkan, maka ketika Anda memperlakukan mereka seperti itu, mereka akan lebih sering mendekati Anda dan lebih mempercayai Anda.

Sobat. Beranilah berimpian, bukankah untuk berimpian itu gratis. Keberanian untuk bermimpi akan menentukan masa depan kita. Apakah kita berani bermimpi bahwa pada tahun 2045 kita menjadi bangsa nomer 1 di dunia? Atau Umat Islam kembali menjadi umat terbaik se dunia dalam bahasa Al-Quran disebut “ Khoiru Ummah” sama-sama bermimpi mestinya kita bermimpi maksimal sebagaimana Bung Karno pernah ucapkan, “ Bermimpilah setinggi langit, Jika engkau jatuh masih di antara bintang-bintang?.”

Sobat. Mimpi besar harus diikuti dengan lompatan visi yang jauh ke depan dan adaptif terhadap perubahan, disertai dengan strategi yang jitu, dan eksekusi yang cepat dan tepat. Hari ini ketepatan tidak cukup, namun perlu kecepatan.

Sobat. Buatlah Goal yang SMART dan Milikilah alasan yang sangat kuat untuk mencapai goal-nya. Goal yang SMART memiliki kriteria sebagai berikut :
• Spesific : Goal itu harus spesifik, detail dan jelas.
• Measurable : Goal itu harus terukur.
• Achievable : Goal itu harus bisa dicapai.
• Realistic : Goal itu harus realistis atau nyata.
• Timely : Goal itu harus memiliki deadline.
Ini misalnya masing-masing contoh goal yang SMART kalau kita rangkai menjadi sebuah kalimat :
Saya ingin bekerja di Pertamina bagian pengeboran ( spesifik ) dengan gaji 10 juta per bulan ( Terukurm bisa dicapai dan realistis ) setelah saya diwisuda menjadi sarjana teknik pertambangan ITB. ( deadline ).
Saya ingin menurunkan berat badan sebanyak 5 Kg ( spesifik ) tiga bulan dari sekarang ( deadline ) dengan diet yang sehat di bawah bimbingan ahli gizi yang professional ( terukur, bisa dicapai dan realistis ).

Sobat. Setelah goal anda SMART, maka berikutnya anda harus memiliki alasan yang sangat kuat untuk menenagai tindakan Anda agar bisa konsisten sampai goal itu tercapai. Alasan yang sangat kuat muncul dari 3 sumber ; Temukan kenikmatan yang bisa anda dapatkan saat goal Anda tercapai.Hadirkan kesengsaraan yang mencekam dalam pikiran Anda jika anda gagal mencapai goal. Temukan panggilan jiwa atau memenuhi misi hidup suci Anda.

Sobat. Setelah itu pantaskan diri dengan kerja keras, kerja cerdas, kerja iklas dan kerja tuntas. Ingatlah selalu sobat. Mimpikan impian-impian besar, hiduplah dengan memiliki tujuan yang jelas dan kuat, hiduplah dengan keyakinan, dan hiduplah dengan kekuatan.

Salam Dahsyat dan Luar Biasa!

( DR Nasrul Syarif M.Si. Penulis Buku Gizi Spiritual )